Facebook dan ucapan "Selamat Ulang Tahun"

Jujur, dulu sebelum ada facebook, ucapan ulang tahun adalah sesuatu yang punya kesan yang sangat dalam, karena hanya orang-orang terdekat, dan orang-orang yang memang perhatian (atau kebetulan) dengan kita yang sempat mengucapkannya. Namun semuanya berubah setelah negara api menyerang facebook mengadopsi teknologi birthday reminder.

Kini, semua orang bisa dengan mudah mengucapkan "selamat Ulang Tahun" kepada kita di hari peringatan lahir kita. Namun bukan karena mereka perhatian, melainkan hanya sebagai pelengkap etika karena ada pemberitahuan hari ulang tahun kita di laman facebook mereka, dan mereka pun bisa dengan mudah memberi ucapan selamat ulang tahun. Ucapan yang menurut saya hanya sekedar formalitas dan nglegani.

Saya masih ingat, dulu sewaktu facebook belum sepopuler sekarang, saya pernah menyempatkan waktu begadang hanya untuk bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada teman perempuan yang saya suka. Saya sengaja begadang berharap agar bisa menjadi orang pertama yang mengucapkan "selamat ulang tahun" kepada dia yang saya suka. Bukan mengapa, menjadi pria yang pertama kali memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada wanita yang disukai bagi saya merupakan sesuatu yang romantis dan luar biasa (saya ndak tahu, si wanita juga menganggap demikian atau tidak, tapi dalam kasus saya, kelihatannya tidak).

Sekarang, setelah 7 tahun berlalu, ucapan selamat ulang tahun pertama bukan menjadi hal yang istimewa. Dengan facebook, semuanya menjadi biasa saja.

Dan jika di masa sekarang pria pertama yang mengucapkan "selamat ulang tahun" kepada wanita masih pantas dilabeli sebagai pria yang romantis, maka saya yakin, Leonardo di Caprio pun akan kalah romantis dengan Penjaga Warnet yang kebetulan dapet jatah shift malam.



Minggu, 25 Agustus 2013

One response to Facebook dan ucapan "Selamat Ulang Tahun"

  1. Amin mengatakan:

    Ending yang pecah berkeping-keping Masee ... Top.