Tentang Emulsifier E471 pada komposisi Luwak White Koffie

Belakangan ini sedang beredar luas tentang gosip bahwa Luwak White Koffie mengandung lemak babi, berikut ini pemberitaanya.

emulsifier E471 Luwak White Coffie

Karena itu, saya mohon kepada sesama muslim dimana pun, untuk memeriksa secara seksama bahan2 produk yang akan kita konsumsi dan mencocokannya dengan daftar kode E-CODES, berikut ini karena produk dengan kode-kode di bawah ini, positif mengandung lemak babi :

E100, E110, E120, E-140, E141, E153, E210, E213, E214, E216, E234, E252,E270, E280, E325, E326, E327, E337, E422, E430, E431, E432, E433, E434, E435, E436, E440, E470, E471, E472, E473, E474, E475, E476, E477, E478, E481, E482,E483, E491, E492, E493, E494, E495, E542, E570, E572, E631, E635, E904.

Pertanyaanya adalah, benarkah kandungan emulsifier E471 pada Luwak White Koffie mengandung lemak babi?

Jawabannya adalah belum tentu.

E adalah singkatan dari Europe atau European Union. sedangkan 3 angka di belakangnya adalah kode nomor jenis bahan. Adapun untuk kode 471 adalah emulsifier (kode angka 400-499 teridir dari thickeners, gelling agents, phosphates, humectants, emulsifiers).

E471 sendiri merupakan bahan pengemulsi, dimana fungsinya adalah sebagai aditif pada makanan, selain itu juga berfungsi untuk memudahkan proses pencampuran bahan antara minyak dan air. Bahan ini biasanya digunakan pada makanan yang mengandung lemak dan air, seperti es krim, kek, coklat dll, (itulah sebabnya susu pada es krim bisa tercampur, padahal secara proses, susu dan air itu tak dapat dicampur).

Kembali ke pokok bahasan.

Emulsifier E471 sendiri dibuat dengan 2 bahan, yaitu tumbuhan dan hewan, untuk yang dibuat dari tumbuhan, Insya Alloh pasti halal, tapi untuk emulsifier E471 yang dibuat dari hewan , maka itu tergantung pada hewan yang digunakan dan bagaimana cara menyembelihnya.

Hal ini sesuai dengan undang-undang halal haram yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi terhadap bahan Emulsi ini, yaitu Mushbooh, Halal if it is from plant fat, Haraam if it is from pork fat, alias halal jika dari lemak tanaman, dan haram jika dari lemak babi.

Sekali lagi, Luwak White Koffie itu halal apa haram sih?

Jika dilihat di kemasannya yang sudah ada cap Halal dari MUI, Jadi Insya bisa dipastikan bahwa Luwak White Coffie itu halal. (lagian kalo dilogika, gak mungkin MUI kecolongan untuk memberi cap Halal atau haram pada Luwak White Koffie yang Notabene iklannya mucul berkali-kali tiap hari di TV, apalagi sebelumnya dulu MUI pernah kecolongan oleh salah satu produk penyedap ─anda tahu sendiri lah─, jadi pasti MUI sekarang lebih ketat dan selektif untuk memilih nproduk yang memang benar-benar layak untuk diberi label Haram). Dan lagi, kalo ndak percaya sama MUI, mau percaya sama siapa lagi?

Besar kemungkinan isu itu penggunaan lemak babi pada Luwak White Coffie itu berhembus karena adanya persaingan tidak sehat antar produsen. Kasus seperti ini juga dulu pernah terjadi sebelumnya dan menimpa Produk es krim Magnum.


Update berita dari Detikfood:

Beberapa minggu ini beredar informasi soal produk Luwak White Koffie yang disinyalir mengandung unsur babi. Padahal produk ini sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI. Benarkah demikian? Berikut klarifikasi Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si.

Berdasarkan rilis yang diterima detikFood (17/04/2013), Luwak White Koffie sudah memiliki sertifikasi halal dari LPPOM MUI Provinsi Jawa Tengah. Sertifikasi halal tersebut berlaku hingga tanggal 29 Desember 2013.

Salah satu komposisi yang disebut-sebut mengandung unsur babi adalah emulsifier E471. E471 berasal dari lemak, yang bisa berasal dari lemak hewani maupun nabati. Lemak hewani bisa berasal dari hewan sapi ataupun babi.

Kode E sendiri merupakan standar internasional untuk aditif dalam produk pangan, yang bisa berupa bahan pewarna, pengawet, pengasam, pemanis, penstabil, pengemulsi, maupun senyawa antioksidan.

Sementara itu, emulsifier E471 dalam Luwak White Koffie digunakan dalam krimer yang menjadi salah satu komposisinya. Kandungan emulsifier E471 dalam krimer di Luwak White Koffie dibuat dari bahan lemak nabati. Krimer tersebut juga sudah berstandar halal.

"Krimer pada Luwak White Koffie tersebut diperoleh dari Krimer yang sudah memiliki sertifikat halal LPPOM MUI Pusat. Bahan tersebut sudah dilakukan pengkajian secara mendalam dan berasal dari bahan nabati yang halal", tulis Lukmanul dalam salah satu poin klarifikasinya yang dilayangkan pada detikfood (17/04).

Kesimpulannya :  
Luwak White Koffie Halal

Selasa, 04 Desember 2012

Ada 142 Komentar untuk postingan Tentang Emulsifier E471 pada komposisi Luwak White Koffie

  1. Achmad fadel mengatakan:

    tidak tidak, sebenarnya e471 memang mainly, dibuat dari vegetable oil.tetapi, lemak dari hewan kadang di pakai juga saat proses manufaktur, dan tidak bisa sepenuhnya di kesampingkan. e471 di eropa sudah banyak di hindari oleh vegetarian. dan memang orang yahudi juga menghindari produk yang ada e471 karena di takutkan tidak kosher. jadi memang sudah sepatutnya di hindari. karena kita tidak pernah tahu, lemak hewan apa yang di pakai untuk membuatnya...

  2. triakoso mengatakan:

    E471 Kalau tidak ada penjelasan berasal dari vegetable oil, berarti dari lemak babi...http://en.wikipedia.org/wiki/E471

  3. Muhammad Idris Al-Bandany mengatakan:

    Sebaiknya umat Islam jangan meminumnya...

  4. Anonim mengatakan:

    Sudah lihat yg mengandung E471 itu untuk produk white kofie import gan...

  5. Amran Kadir mengatakan:

    Ngapain pusing mikir halal-haram, yg jelas udah ada tanda halal dr MUI ya InsyaAllah udah halal. Yg jelas harta hasil korupsi itu haram, tp kok msh byk yg doyan minta bagian, aneh...!!!

  6. zul herbal mengatakan:

    tinggalkan yang meragukan saja,,, MUI juga kan cuma audit 1xdalam 2tahun,padahal proses pembuatan tiap hari...

  7. Anonim mengatakan:

    apaan tau

  8. Anonim mengatakan:

    Kerajaan kita sudah mengesahkan Halal melalui pihak yang berwajib, pada label barang tertera cop Halal maka jangan was-was, kiranya ada was-was lagi maka terus tinggalkan aja! Kiranya haram maka kerajaan bertanggungjawap sepenuhnya dosa yang dilakukan oleh rakyat banyak...Kita sama-sama mohon ampun serta taubat pada Allah swt...

  9. okhy.chiprox mengatakan:

    intinya sj bgni...tdk perlu dipermasalahkan ada lemak babinya atau tdk...namanya sj LUWAK WHITE COFFIE. . .artinya kopi ini berbahan dasar dr kopi luwak. . .yg berasal dr kotoran binatang. . jd sdh jelas kopi ini HARAM ...karna di dalam ISLAM itu kotoran NAJIS...

  10. okhy.chiprox mengatakan:

    intinya sj bgni...tdk perlu dipermasalahkan ada lemak babinya atau tdk...namanya sj LUWAK WHITE COFFIE. . .artinya kopi ini berbahan dasar dr kopi luwak. . .yg berasal dr kotoran binatang. . jd sdh jelas kopi ini HARAM ...karna di dalam ISLAM itu kotoran NAJIS...

  11. Anonim mengatakan:

    Mas okhy,
    Mendingan anda ngaji dulu yang benar, baru memvonis haram dan najis...

    Tafdhdhol mas...

  12. Anonim mengatakan:

    binatang yang halal dimakan, maka kotorannya tidak najis

  13. Anonim mengatakan:

    bwt mas okhy
    tolol bner ah...
    kocak baca coment nya....

    kalok luwak white coffee thu brasal dari kotoran binatang gk mungkin dijual seribu /bungkus....
    wkwkwkwkwkwkwkw....

  14. gendenganvillage mengatakan:

    begini saja
    ra usah pusing"
    ya klo gitu kita jangan minum white kopi
    minum kopi joss wae....
    TRADISIONAL TUR UEENAK

  15. rizq darmawant mengatakan:

    jadi intinya
    Yang percaya itu haram ya jangan di konsumsi
    Tapi Yang percaya itu halal ya luu telen aja tuh kopi
    #simple

  16. Anonim mengatakan:

    gitu aj kq repoot

  17. Aang RlzaL mengatakan:

    Anda mau makan kotoran sapi???

  18. Anonim mengatakan:

    Yg bilang white koffie haram,
    Jngan ditelen,
    Karena sesungguhnya jikalau kita sudah tau itu haram kita masih menelannya alhasil dosa lah imbalnya,
    Jikalau kita tidak tau,
    Maka telen aja,
    Toh apa fungsi MUI diindonesia,,
    Jikalau halal bagi MUI maka halal lah dilogika kita,
    jikala koffie ini haram lalu disahkan MUI halal maka MUI lah yg akan Menanggung sgala dosa peminumnya.

  19. Setiadi mengatakan:

    Luwak White Coffie BUKAN berasal dari kotoran Luwak, hanya penamaan saja.
    Kalian tau sendiri kan, kopi yang berasal dari kotoran Luwak berharga sangat mahal, jadi tidak mungkin Luwak White Coffie berasala dari kotoran Luwak.

    Mengenai emulsifier E471, saya tidak bisa berkomentar, saya tidak mempunyai pengetahuan tentangnya, tetapi kita berkhuznudzon kepada MUI yang telah menetapkan kehalalan untuk Luwak White Coffie tersebut.

    Wallahualam.

  20. Anonim mengatakan:

    persaingan usaha tidak sehat ?

  21. Agus Mustopa mengatakan:

    Coba baca artikel ini : http://utinilamsari.tumblr.com/post/37307284532/hoax-e-numbers-lemak-babi-e471-kopi-luwak-white

  22. meses mengatakan:

    jikalau semua makanan ada merk E yg disebutkan di atas, sy ingin tanya apa makanan yang bersih untuk kita khususnya umat islam? Silahkan menguji sendiri dan melihat hasilnya sendiri, itu akan lebih puas dan tidak banyak berkomentar mengenai "kata teman saya" dan issu yang beredar. menurut sy sih,..

  23. Unknown mengatakan:

    Bunga bank sudah jelas haram, tapi mayoritas kaum muslim seolah tak pernah tahu. Padahal itu sudah jelas ayatnya

  24. Anonim mengatakan:

    :jempol:

  25. Anonim mengatakan:

    Lho..
    Bkn nyaa pda kemasan White Coffie nyaa udaa ada logo halal nyaa..???
    Lw ini kopi ini bnaran mngandung Babi,, salahkn kn ajaa MUI..
    Mrk shrus nyaa lebih teliti dlm hal ini..

    Dan gk ush repot2,, yg ragu2 gk ush aj komsumsi..

  26. Anonim mengatakan:

    Heran bgt yaa..
    Kita prcaya dan yakin bhwa smua isi di dunia ini ciptaan yg Maha Kuasa.. (Allah)..
    Lw Babi tch haram,, npa harus di ciptakan Babi..
    Knpa qta mengtakan Babi tch Haram..
    Kn ciptaan Allah..??



    Herannn..!!!
    Anehhhh..!!

  27. Anonim mengatakan:

    ini ada juga yang bloon...haram itu karena diperintahkan Allah melalui firmannya dikitab suci...klo gak diciptakan apa yang mau diharamkan..orang bendanya aja gak ada...bungul kata orang banjar...

  28. Tagoes Budy mengatakan:

    rakyat kecil seperti saya yang penting masih bisa makan. pusing..

  29. Feria Kids Party mengatakan:

    menentukan hukum itu ada 4 caranya...

    1 al-qur'an
    2 hadits
    3 qias (disamakan fungsi menurut keduanya diatas)
    4 kesepakatan para ulama

    klw anda semua gak yakin... pakai saja hadits nabi yang berbunyi "tinggalkanlah apa yang meragukan kepada yang tidak meragukanmu" klw kalian smua ragu, y tinggalin aj... jangan diminum tuh kupi.... hhe

  30. Anonim mengatakan:

    ass, secara umum saya masih mempercayai MUI, toh mereka lembaga yang masih mau meneriakan hal-hal yang melawan banyak pihak (fatwa bunga bank konvensional haram dll), tapi ada baiknya MUI melakukun peningkatan kinerja :
    1. mewajibkan pencantuman logo halalnya sampai kemasan terkecil (dikemasan kecil "white koffie" gak ada logo halal tuh)
    2. di logo halal ditambah no.register, jadi saat masyarakat masuk situs MUI bisa dicek tuh proses penghalan produk yang dimaksud seperti apa dll

    oh iya, saya kurang tahu, apakah semua produk yang akan beredar dimasyarakat akan dicek dulu oleh MUI ?
    sebagai pedagang warung baru saya kaget lho.... waktu ada produk obat batuk yang mengandung alkohol sampai 10% beredar bebas, harusnya yang kayak gitu di kasih label "haram buat muslim" he..he..

  31. Primastri Jati mengatakan:

    Yasudah kalau yang tidak ragu dan masih mempercayai MUI silahkan mengkonsumsi itu terserah anda toh kalian tidak ragu itu halal atau haram soalnya sudah jelas ada label HALAL dari MUI, buat yang masih tanya-tanya tentang halal atau haram berarti kalian jelas ragu tentang kehalalan KOPI ini, so alangkah baiknya kalo kalian liat hadits yang satu ini "tinggalkanlah apa yang meragukan kepada yang tidak meragukanmu"
    nggak minum KOPI ini juga gpp kan buat yang ragu?
    semoga bermanfaat hehehe
    minta koreksi kalo komeng saya kurang bener, peace :D

  32. Heru zaka aria mengatakan:

    pada ributin haram atau najis,, bingung saya.. indonesia indonesia... seandainya coffie luwak white koffie itu dari kotoran binatang gak mungkin juga x dari kotoran langsung di bikin mikir ath.. ya pasti di olah dulu sedemikian rupa sampe bersih baru aja di bikin luwak white koffie dan di teliti di lab cocok di konsumsi buat masyarakat atau tidak... pihak produsen tentu nya akan di bantu oleh pihak yang berkompeten di bidang nya dan MUI akan menilai produk yang jadi ini haram atau tidak gitu loh... sekian BYE!!

  33. Anonim mengatakan:

    Hari ini, 9 April 2013, Teman saya bilang, sekarang E471 itu tidak dicantumkan lagi di kemasan luwak white koffee yang sekarang. LHO ? KENAPA? GAK PD kalau E471 nya halal ? Nah lho. Tanda tanya lagi deh.... ????????

  34. Rab Setiawan mengatakan:

    Gw ga minum kopi....tp d fb kdg pd main share aja sblm d cek en ricek....kasian tmn gw jg jd ikut2an mitnah berantai

  35. Rab Setiawan mengatakan:

    Ga d cantumin mungkin krn keterbatasan pengetahuan si peminum kopi luwaknya....hohohoho

  36. Rab Setiawan mengatakan:

    Gw ga minum kopi....tp d fb kdg pd main share aja sblm d cek en ricek....kasian tmn gw jg jd ikut2an mitnah berantai

  37. Anonim mengatakan:

    tidak ada yg nijis barang apa yang diminum/dimakan, karena ntar larinya juga ke jamban.

    yang najiz/haram tuh semua yg keluar dari mulut seperti hinaan, cemooh, hujat, fitnah, kebohongan, dsb... itu yang lebih jahat dan najis..

  38. Firman Laksamana mengatakan:

    E471 terutama dihasilkan dari minyak nabati, lemak hewan meskipun kadang-kadang digunakan dan tidak dapat sepenuhnya dikecualikan sebagai hadir dalam produk. Asam lemak dari masing-masing sumber secara kimiawi identik. Namun, vegetarian dan vegan, tidak ingin mengkonsumsi produk hewani, umumnya menghindari produk yang mengandung E471 kecuali mereka yakin bahwa itu berasal dari minyak nabati. Juga, karena ada kesempatan dari lemak babi yang hadir, Muslim dan Yahudi juga akan menghindari produk yang mengandung E471 kecuali mereka tahu bahwa itu dibuat dari sayuran oils.http :/ / en.wikipedia.org/wiki/E471

  39. Firman Laksamana mengatakan:

    E471 terutama dihasilkan dari minyak nabati, lemak hewan meskipun kadang-kadang digunakan dan tidak dapat sepenuhnya dikecualikan sebagai hadir dalam produk. Asam lemak dari masing-masing sumber secara kimiawi identik. Namun, vegetarian dan vegan, tidak ingin mengkonsumsi produk hewani, umumnya menghindari produk yang mengandung E471 kecuali mereka yakin bahwa itu berasal dari minyak nabati. Juga, karena ada kesempatan dari lemak babi yang hadir, Muslim dan Yahudi juga akan menghindari produk yang mengandung E471 kecuali mereka tahu bahwa itu dibuat dari sayuran oils.http :/ / en.wikipedia.org/wiki/E471

  40. Mas dhirgo mengatakan:

    pada KETIPU SEMUA
    bego bener yg bilang Luwak white coffe dari ASLI KOPI LUWAK , mana mungkin

    Lo kira harga Kopi Luwak yg SELANGIT bakal dijual murah sama KOPI sachetan 1000 perak ??

    udahlah ini juga kopi gk enak enak banget , mending klo gk ad untungnya di jauhin aja , mudharat . masih blom jelas halal atau haram

  41. Ari fokuskan mengatakan:

    iya gan banyak banget yg share ttg ini di facebook, barusan sy share jg dpt dr tmn trus kroscek di google dapet halaman m.agus ini. akhirnya sy hapus lg tautan fb td. thanks mas sy masih percaya sama MUI.

  42. Anonim mengatakan:

    yg masih dengan apa yg disebut E471 - E478 bisa lihat disini http://alwayshalal.wordpress.com/e-stoffer/e471-e478/

  43. Anonim mengatakan:

    Sebaiknya MUI atau pihak pihak terkait segera melakukan penelitian kembali dan menjelaskan kpd masyarakat apakah produk "luwak white koffie" haram atau halal, agar masyarakat khususnya umat muslim tdk resah.

  44. Anonim mengatakan:

    Hahahaaaa.... Koq ada yg kayak gini yaa... Makan tahi halal... Kena tahi aja ga boleh sholat, apalagi dimakan... Ngaji dimana tuh?

  45. Anonim mengatakan:

    Semua yg dilarang dan diperintahkan Allah SWT itu diciptakan sebagai ujian supaya jelas untuk semua mana orang yang taat dan mana yg melampaui batas.... Sedangkan Allah sendiri Maha Mengetahui... Wallahuallam...

  46. kristanto SI mengatakan:

    Yang suka silahkan minum, yang gak suka g perlu salahkan yang minum. Tiap orang kan menanggung sendiri apa yang dipilihnya. Beres.

  47. Aji Yulianto mengatakan:

    Baca nih tentang E-code..
    https://www.facebook.com/notes/must-be-halal/benarkah-e-code-itu-kode-rahasia-lemak-babi/10151109322703652

  48. ekotri w mengatakan:

    mencerahkan agar tidak terjadi fitnah yang keji

  49. Anonim mengatakan:

    Ada yang komen "rasis" soal kenapa babi diharamkan padahal diciptakan...

    Tanya aja sama "setan" yang ngga bolehin nikah padahal perempuan "enak rasanya"... eh malah menghalalkan nikah sesama jenis gender... koplak!

  50. Anonim mengatakan:

    yang beranggapan halal silahkan di konsumsi jika berminat.
    Dan yang beranggapan haram ya jangan di konsumsi.

    buat apa juga di permasalahkan . jika udah ada label halal dr MUI.
    kalaupun MUI kecolongan.. biarkan dosa di tanggung yang buat :)

  51. Wahyudi Di mengatakan:

    Ikut ah....
    Gini gan white coffe di produksi di mana aja dh,
    Klo di buat di indonesia 99% halal kan 95% orang indonesia islam jdi pembuatan dan peracikan'a di sleksi dengan baik dong,
    Klo di buat di cina,jepang,thailand,jerman,kanada,inggris,korea/ lain"
    Mayoritas muslim cuma di bawah 25% otomatis cara'a / pembuatan'a tidak dgn cara islam dong.
    Cek dulu di buat di indonesia / negara luar.
    Klo indonesia halal
    Klo luar indonesia 80% haram.
    Itu aja ah....

  52. Anonim mengatakan:

    Penyakit Orang Islam:
    Kita gampang dimainkan oleh stigma stigma seperti ini.Berita yang terdengar di jejaring sosial pun kurang jelas siapa dan dari mana sumbernya. Lebih baik kalo mau tau diselidiki betul sampai dalam, baru heboh. Kalo uda ga mau minum ya monggo. Kalo masih mau minum ya uda silahkan, wong kita taunya itu kan kopi doang dan ada cap halal nya.

  53. Anonim mengatakan:

    kalo emang talut itu haram ya dijauhin gg ush diminum terus kalo mau beli makanan diteliti dulu ada E471.na dkk atau gag,,, tp bntk juga makanan yg beredar di indonesia yg mengandung E471 dkk

  54. Anonim mengatakan:

    aja di gawe musmet sdulur....

  55. Anonim mengatakan:

    PANTESAN UENAKKK,..
    Apapun Minuman dan Makanannya klo rasanya UENAKKK pasti itu Minuman/Makanan Haram "Bang Roma" (mulai lah makan makanan yang tidak UENAK dari sekarang,..

  56. Anonim mengatakan:

    @Wahyudi Di: diindonesia mayoritas 95% Islam, tapi 5% diluar islam itu mereka para PENGUSAHAAA yg bikin beginiann hihii

  57. Muhardi Sianding mengatakan:

    "lagian kalo dilogika, gak mungkin MUI kecolongan untuk memberi cap Halal atau haram pada Luwak White Koffie yang Notabene iklannya mucul berkali-kali tiap hari di TV, apalagi sebelumnya dulu MUI pernah kecolongan oleh salah satu produk penyedap ─anda tahu sendiri lah─, jadi pasti MUI sekarang lebih ketat dan selektif untuk memilih nproduk yang memang benar-benar layak untuk diberi label Haram" mas bro asal tau aja behwa MUI itu pengurusnya bukan malaikat tp manusia biasa sama seperti kita jd potensi kekeliruan/kesalahan dalam mengambil keputusan sangat mungkin terjadi, trima kasih

  58. halobandung mengatakan:

    Intinya kaum muslimiin dimohon tidak mengkomsumsi Luwak Whitecoffe, kembalilah ke yang pasti halal -ttd direktur pt. kopi-pesaing-mulai-gak-laku-

  59. harmonis mengatakan:

    insayAllah jika sudah ada label halal dari MUI berarti itu halal

  60. Anonim mengatakan:

    Itu luwak cofe brand nya aja mas,,, Ǵªªªқ mungkin pake kopi luak. Harga kopi luak itu Rp. 7jt/kg. Кªƪø sebungkus 50rb tuch white coffe baru mungkin.....

  61. Difio pradya saputra mengatakan:

    E471 tu minyak sayur, liat no di mbah google...

  62. Anonim mengatakan:

    Gw bingung namanya luwak jadi kopinya dibuat dari binatang lauk? Kalo diproduksi tiap hari, berapa banyak luaknya untuk memproduksi "kotoran kopi" nya? Berarti kalo kopi kapal api atau kopi bunga matahari dibuat dari kapal n bunga matahari? Trus kalo mobil toyota kijang dibuat dari kijang? KONYOL...Itu namanya branded, nama prosuk doang coy...

  63. Anonim mengatakan:

    Sekarang banyak kopi white coffie bermunculan yang notabene kurang laku, jadi ini cuma persaingan bisnis doang. Dipakailah berbagai cara untuk "melakukan" produk barunya. Intinya cuma ikut-ikutan doang.Apalagi Indonesia mayoritas muslim dan gampang terbawa "isu/kabar burung" apalagi untuk rumpian. Saya muslim cuma saya tidak suka white coffie karena kurang nendang coy.Enakan kopi tubruk, mantafff

  64. Estika Daya mengatakan:

    Nah ini ni komentar yg mantap gan menurut saya.kan ada yg nanggung dosa kalo beneran haram tu kopi.soalnya gw suka jg sih tu kopi.. :p

  65. pulanois mengatakan:

    Anonim, anda baca lg comen anda sebelumnya.(Binatang yg halal dimkn,mk kotorannya tdk najis..yaa makanlah sama kamu tu kotoran mbek,sapi,kebo dll .,jgn asal ngomong..,pk nanya dmn ngaji lagi..!

  66. totok andi muhlisin mengatakan:

    Wong udah jelas kok dibuat debat.... gitu aja kok repot...

  67. Anonim mengatakan:

    Test aja....

  68. Anonim mengatakan:

    Telen Atau Tinggalkan Gitu aja kok Repost. brrrrrr

  69. Anonim mengatakan:

    Idih kurang wawasan bgt lu gan. Luwak itu cuman cap.nya aja. Kalo white coffee setau saya dimana2 ngga ada proses lewat kotoran hewan (luwak, musang, kucing, gajah, dll).

    #dipikir dahulu sebelum komen.

  70. indra mengatakan:

    tentang E471 bisa dibaca juga di http://www.food-info.net/uk/e/e471.htm Parahnya lagi di Indonesia komposisi makanan hanya menyebutkan "pengemulsi", tanpa menyebut pengemulsi nya jenis yang haram atau halal, Jadi bacalah kembali dan berhati2 dengan semua produk makanan dengan kandungan komposisi "pengemulsi"

  71. Anonim mengatakan:

    lebih baik dihindari saja, karena tidak jelas dan jatuhnya syubhat...

  72. Anonim mengatakan:

    solusinya jika ragu sebaiknya dihindari..

  73. Anonim mengatakan:

    kebetulan keluarga saya penggemar coffe dan saat ini bungkus luwak white coffe sedang berada di tangan saya tapi dlm kemasn besar ini tdk tertulis E741 adanya cuma Emulsifier, tp dlm gambar yg saya lihat di fb memang ada tulisan E741 mungkin itu kemasan untuk negara lain. pertanyaannya gmn qt bsa tau halal atau haram tdknya makanan itu jika E-codes dlm bbrapa jenis makanan tdk tercantum?
    Trimakasih

  74. Anonim mengatakan:

    Meskipun sertifikasi MUI, Klo white koffienya dari nyolong ato korupsi baru itu haram, mending minta tmn aja murah jg harganya kok.....hehehe *sambil nyruput luwak white koffie*

  75. Dedi Jakarya Putra mengatakan:

    lalu yg ber-label Halal tp didapat dengan cara yg tidak Halal....malah gak dipermasalahkan ya,hehehe

  76. Aprizal mengatakan:

    setelah membaca comment dr saudara"ku ini luar biasa hebatnya. pengetahuan itu luas ya sehingga tidak habis'nya, tp klw qta mempelajari isi Al-Qur'an, insya allah qta dapat mengetahuinya.

    manusia pasti memiliki kesalahan dalam penelitian tidak ada yg 100% krn 100% hanya milik yg maha kuasa, apabila saudara" mengetahui haram maka tinggalkan lah dan apabila saudara ingin mencoba silahkan dan nikmati krn itu hak saudara, saudara' lain nya cm memeberi tahu dan cukup mengetahui sebagai muslim ..

  77. Anonim mengatakan:

    cape deh baca komentar luwak luwak pada berantem, adu argumen,,saling menjatuhkan dgn bahasa sok pintar,sok tahu..pantesan aja bangsa ini tak mpernah maju congor digedein otak kosong..

  78. Anonim mengatakan:

    Sudah tinggal dinikmati aja, ngga usah pada sok tau, karna rasa sok tau dan sok benar sendiri yang menyebabkan kekacauan dimana-mana.

    kalau Halal yang boleh, kalau Haram yang di tidak Boleh,

    #menurut saya serahkan semua kepada yang berkewajiban meneliti Haram/Halal kita ngga usah ikut Ribut,Sok tau,Sok Bener, dan sok-sok.an yang lainnya.

  79. Anonim mengatakan:

    Kalau udah ada cap HALAL dari MUI, apalagi yang mau kita ragukan? Kita lebih percaya issue yang beredar atau percaya MUI? Bagi yang tidak percaya MUI, silahkan buat cap HALAL sendiri dan lakukan Verifikasi sendiri terhadap produk yang beredar.

  80. Anonim mengatakan:

    Wallahualam bissawab

  81. Merk nya doang luwak white coffee tapi belum tentu dari luwak beneran. Tau sendiri kan harga kopi luwak asli berapaan? mana mungkin kopi luwak dijual dua ribuan. Kalo udah ada logo halal dari MUI ya sudah yakin saja. Kalau ragu teliti aja sendiri. Enaknya sebagai umat, kalau memang salah keputusa maka sang pemimpin lah yang menanggung dosa nya. Berat kan jadi pemimpin.

  82. Anonim mengatakan:

    emang nya lemak hewan cuma babi aja, emang ga ada hewan lain di dunia ini

  83. Anonim mengatakan:

    Assalaamu'alaikum wr. wb.
    Klo saya pribadi ketika mendapatkan postingan yg mengatakan white koffie/luwak kopi memang sempat terpancing jg dan bertanya" tetapi ketika saya cari informasi dan menelusuri tentang kebenarannya ternyata itu hanya isu hoax saja tak tahu apa motifnya, saya jg cari" informasi d google dan wikipedia lalu saya telusuri tentang ke absahannya di websitenya MUI http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1309 dan insya allah itu halal...Jd klo saya yg awam ini meminta sahabat" muslim smua tidak langsung terprovokasi dgn isu harus d teliti dan cari kebenarannya....trm kasih
    Wassalam

  84. Nandar Suryana mengatakan:

    Dasar dodollll, cari info yang bener, Kopi Luwak yang dipasarkan bukan dari kotoran Luwak itu hanya istilah, agan lihat dari proses pembuatannya di (detik food) kalo halal haram kita berpatokan pada fatwa MUI, ane yakin mereka ngaji FIKIHnya udah tuntas

  85. Dede Moch. Mahfudh mengatakan:

    Maaf! Beginilah kalau yg komentarnya org2 yg ƍà pada tw ilmunya yg ªϑª debat yg ƍà jelas juntrungannya. "Fas-aluu ahladzdzikri in kuntum laa ta'lamun": bertanyalah pd ahlinya jk kalian ƍà tw. So, tanya ilmuan ttg bahan2 tsbt dr apa dan bgmn prosesnya plus tny ulama ttg hukumnya jk sdh jls bahan dan cr pmbuatannya. Kalau tdk mmngkinkan, ya berhusnudzan sj pd yg menfatwakan (ulama/MUI) tp kalau ragu yg tidak usah dikonsumsi. Wallahu 'alam.

  86. Dede Moch. Mahfudh mengatakan:

    Maaf! Beginilah kalau yg komentarnya org2 yg ƍà pada tw ilmunya yg ªϑª debat yg ƍà jelas juntrungannya. "Fas-aluu ahladzdzikri in kuntum laa ta'lamun": bertanyalah pd ahlinya jk kalian ƍà tw. So, tanya ilmuan ttg bahan2 tsbt dr apa dan bgmn prosesnya plus tny ulama ttg hukumnya jk sdh jls bahan dan cr pmbuatannya. Kalau tdk mmngkinkan, ya berhusnudzan sj pd yg menfatwakan (ulama/MUI) tp kalau ragu yg tidak usah dikonsumsi. Wallahu 'alam.

  87. Anonim mengatakan:

    Yang sy dengar dari seorang auditor halal di MUI, semua bahan harus diketahui asalnya kalau perlu pemasok juga harus punya sertifikathalalnya terutama yang berbahan hewan. Setelah itu komisi fatwa rapat dan menentukan status halal. Jadi tidak semudah itu mengeluarkan sertifikat halal. Ketika saya tanyakan e471, menurutnya MUI sdh punya daftar untuk bahan2 seperti itu dan pasti sudah mengetahui asal bahannya sebelum mengeluarkan sertifikatnya. Saya sangat menyayangkan isu2 yang menyudutkan MUI tsb

  88. Anonim mengatakan:

    Ane tambahin wawasan utk ente ya biar pinter.
    1. Kata kata Luwak White Coffee itu hanya brand name. Sama spt merk susu terkenal "Bear Brand" atau sebutan umumnya Susu Beruang, itu susu dari sapi bukan susu beruang (siapa yg berani merah susu beruang...bisa digarot).
    2. Kopi Luwak sdh difatwakan HALAL oleh MUI.

    Kalo masih penasaran ente tanya lagi ke ustad google ya.

  89. Anonim mengatakan:

    Hati-hati dan kritis itu sangat diperlukan bagi siapa saja termasuk umat Islam, tetapi harus pakai ilmu, logika, dan akal. Jangan sampai kita (konsumen/umat) selalu menjadi objek empuk para kapitalis, yang selalu nurut, terkagum-kagum, dan gegap gempita dengan produk2 mereka.... sekali lagi hati-hati selamanya...

  90. Anonim mengatakan:

    Bagaimana kalau bahan kandungan (ingridiens) msh TETAP MENGGUNAKAN LEMAK HEWANI(BABI) tapi pada kemasan TIDAK DITULIS E471....?????? alias PENIPUAN TERHADAP KONSUMEN yang mayoritas ISLAM (INDONESIA), apakah PENGUSAHA BISA DIPIDANA, dan PERUSAHAAN DITUTUP.

  91. jimen mengatakan:

    OJO RAME AE!!!!!!!!!!!!!!

  92. white koffie mengatakan:

    Emulsifier E471 yang digunakan Luwak White Koffie merupakan bahan yang terdapat pada krimer sebagai salah satu bahan pada Luwak White Koffie tersebut. Dan Krimer pada Luwak White Koffie tersebut diperoleh dari Krimer yang sudah memiliki sertifikat halal LPPOM MUI Pusat. Bahan tersebut sudah dilakukan pengkajian secara mendalam dan berasal dari bahan nabati yang halal. baca selengkapnya di http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/detil_page/8/1412/8/1/0

  93. aris wiyono mengatakan:

    BAGI KALIAN ITU MENGANDUNG MINYAK BABI SILAKAHKAN JNG DIMINUM, BAGI YG GAK PERCAYA SILAKAN MINUM..SEMUA YG MENANGGUNG KITA SENDIRI

  94. Anonim mengatakan:

    Hal-hal meragukan sebaiknya dihindari karena lambat-laun ada sefeknya

  95. Vini Harvina mengatakan:

    buat smua_a..
    klo masalh dri kotoran hwan it haram..,setau aq yaa..
    ad fatwa yg blg halal asal dy dri pncernaan awal hewan,,bkan pmbuangan akhir..,
    sperti sapi..,yg kotoran awal_a ad yg dbuat jdi mknn khas d daerah batak sna..
    tpi haram utk hasil pmbuangan akhr_A..
    smua_A itu ad dliteratur ALLAh..,
    ckup kalian sndri yg bijak mau jln kmna..
    udh bnyak pnuntun hidup qt sbg org beragama..
    jdi,,gk usahlaa heboh koment" gk penting klo cma mau berdebat gk ad ujung :D
    Trim's

  96. seribu macam deh koment dimari...
    kita dah ada pemimpin yang lebih ngerti soal haram-halal sebuah produk yaitu MUI
    klu kita sebagai makmum mereka nggak percaya pada imam2 kita yang ahli ilmu jelas dah hancur ni negeri
    krn nggak bakalan ada lagi yang dipercaya buat mimpin kaum islam..
    gitu aja kok reppot

  97. seribu macam deh koment dimari...
    kita dah ada pemimpin yang lebih ngerti soal haram-halal sebuah produk yaitu MUI
    klu kita sebagai makmum mereka nggak percaya pada imam2 kita yang ahli ilmu jelas dah hancur ni negeri
    krn nggak bakalan ada lagi yang dipercaya buat mimpin kaum islam..
    gitu aja kok reppot

  98. Ronny Gaspar mengatakan:

    Kopi udah banyak gan, mau yg merek ap aja udh ad.., gitu aja kq repot, Mending minum kopi yang laen aja dah.. hindari perdebatan.

  99. Ronny Gaspar mengatakan:

    Kopi udah banyak gan, mau yg merek ap aja udh ad.., gitu aja kq repot, Mending minum kopi yang laen aja dah.. hindari perdebatan.

  100. Anonim mengatakan:

    Masih ada 5 sachet, jadi sayang kalo dibuang. Habisin dulu ahhhh. Nanti kalo sudah habis baru mententukan halal haramnya. White Koffe tidak bikin kembung !!!!

  101. Anonim mengatakan:

    Luwak White Koffie Diduga Mengandung Babi, Ini Penjelasan dari LPPOM MUI
    Rabu, 17/04/2013 14:45 WIB

    Jakarta - Beberapa minggu ini beredar informasi soal produk Luwak White Koffie yang disinyalir mengandung unsur babi. Padahal produk ini sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI. Benarkah demikian? Berikut klarifikasi Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si.

    Berdasarkan rilis yang diterima detikFood (17/04/2013), Luwak White Koffie sudah memiliki sertifikasi halal dari LPPOM MUI Provinsi Jawa Tengah. Sertifikasi halal tersebut berlaku hingga tanggal 29 Desember 2013.

    Salah satu komposisi yang disebut-sebut mengandung unsur babi adalah emulsifier E471. E471 berasal dari lemak, yang bisa berasal dari lemak hewani maupun nabati. Lemak hewani bisa berasal dari hewan sapi ataupun babi.

    Kode E sendiri merupakan standar internasional untuk aditif dalam produk pangan, yang bisa berupa bahan pewarna, pengawet, pengasam, pemanis, penstabil, pengemulsi, maupun senyawa antioksidan.

    Sementara itu, emulsifier E471 dalam Luwak White Koffie digunakan dalam krimer yang menjadi salah satu komposisinya. Kandungan emulsifier E471 dalam krimer di Luwak White Koffie dibuat dari bahan lemak nabati. Krimer tersebut juga sudah berstandar halal.

    "Krimer pada Luwak White Koffie tersebut diperoleh dari Krimer yang sudah memiliki sertifikat halal LPPOM MUI Pusat. Bahan tersebut sudah dilakukan pengkajian secara mendalam dan berasal dari bahan nabati yang halal", tulis Lukmanul dalam salah satu poin klarifikasinya yang dilayangkan pada detikfood (17/04).
    http://food.detik..com/read/2013/04/...?991104topnews

  102. Anonim mengatakan:

    Yang suka minum kopi segera bertaubat. Karena dalam islam, Rasullullah SAW hanya mencontohkan untuk meminum susu.

  103. noname mengatakan:

    MUI bilang halal , emang dosa kita nantinya di hadapan Allah di tanggung ama MUI , kayaknya nggak dech memding cari yang aman2 aja buat diri sendiri krn sekarang banyak yg haram jd halal begitu jg sebaliknya



  104. Anonim mengatakan:

    Lebih berdosa lagi kalau kita tidak percaya sama MUI yang notabene sbg imam kita kaum muslim ditanah air. ..Jangan2 ini fitnah yg ditebarkan produsen kopi lain yg tidak laku dipasaran..

  105. Anonim mengatakan:

    Wahh...sampai-sampai kopi aja bikin jadi debat...mbok ya sudah sesuai keyakinan aja kalau, dosa, neraka, surga itu Allah lebih tau..dan yang berdebat rata-rata muslim lagi kelihatan ilmunya masih kerdil,,malu lah sama umat lain...mending kita ngopi bareng aja sama-sama enak halal haram kita gak usah pikir sudah ada yang mikir

  106. Anonim mengatakan:

    ayolah jadi muslim jangan terlalu kerdil pikirannya....ini sudah jaman modern..lebih baik makan babi daripada makan duit korupsi...mereka juga ciptaan alloh..mereka-mereka yang makan babi juga tidak ada masalah...jangan islam di jadikan pemicu konflikk.....atau kita di tertawakan

  107. Andalusia Himawan mengatakan:

    jangan pada ribut dan sok tau dech ...
    mudah banget di bikin perang antar muslim cuman soal kopi ... weleeeeh ...

  108. Tukang Ngopi mengatakan:

    Ngewarung, minum kopi, trus kabur gak bayar.. Itu haram!!

  109. Anonim mengatakan:

    Geus ulah hayang nginum kopi,,,,cai herang weee,;;;;;;;;;;

  110. Anonim mengatakan:

    misi bro bro skalian ini ak bawain langsung dari MUI nya loh http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/detil_page/8/1412/30/

  111. Anonim mengatakan:

    Poskan Komentar

    Menyumbangkan komentar di blog ini bisa menyebabkan ketagihan, rasa puas berlebih, penggumpalan gejolak jiwa yang tak tertahan, dan efek negatif lainnya

  112. Anonim mengatakan:

    Klo ragu gak usah beli ni kopi. Repot amat sih...

  113. Satya setya mengatakan:

    ane sehari sampe tiga kali minum kopi ini .. enakk gan gak bikin kembung perut ane.. kalo MUI udah bilang halal ya halal.. moga- moga komen ini jadi yang ter akhir..

  114. Anonim mengatakan:

    Babi sama duit korupsi itu sama" haram gan,,kok lebih baik makan babi daripada makan duit korupsi ??jelas" kalo babi itu haram,,masih mau dimakan...lho make prinsip H3(halal,haram,hantam) ya ??

  115. Idink Mho mengatakan:

    Jangn trlalu baxk bcra loe anonim.. Sok pling tw sgalax aja loe. Mnding loe tmatin bacaan iqra 1-6 aja dlu.

  116. Idink Mho mengatakan:

    Anonim. U are the kepo-est man in indonesia.. sok tw bnget loe. Sundalaaa..

  117. Anonim mengatakan:

    InsyaALLOH Halal hehehe

  118. CZR mengatakan:

    MUI sudah kasih cap halal,, jadi MUI bertanggung jawab atas semua resiko halal apa tidaknya. Kalo memang haram ya ditanggung MUI,, Jadi konsumen gak usah REPOT MIKIR,,, gitu aja repot,,,

  119. Anonim mengatakan:

    ORANG GOBLOK AJA YANG PUSING-PUSING MIKIRIN ...
    MEREKA NGGAK SADAR BAHWA MEREKA MENJADI KAMBING HITAM UNTUK MEMATIKAN PRODUK LAIN DALAM PERANG PRODUK ANTAR SESAMA PRODUSEN ... SADAR GAK SIH LO PADA ITU TERJADI DI INDONESIA DENGAN PELUANG PASAR UMAT MUSLIM TERBESAR DIDUNIA..?

    YANG PENTING SEKARANG ADA LABEL HALAL DARI MUI BERARTI HALAL, KALO TIDAK BERARTI ORANG ITU YANG GOBLOK ATAU MEMANG SENGAJA MENJADI PROVOKATOR

  120. Anonim mengatakan:

    Anonim parah....

  121. Dicky Kurniawan mengatakan:

    kalo bumbu penyedap yg kecolongan itu apa ya? Yg disebutkan diatas. Ajinomoto kah?

  122. setiawan hend mengatakan:

    buktikan dengan analisa didepan media bahwa omongan anda itu benar....baik cetak atau elektronik,baru anda menyelamtkan seluruh umat...kalo gak berani....hanya omong doang...

  123. Anonim mengatakan:

    sekitar tahun 2010 (belum ada kopi luwak white coffe) ada postingan bahwa E471 dkk dari lemak babi yang di eropa melimpah ruah.
    sekarang ada polemik di luwak white coffe yang mengandung E471, E472 tapi kok ada stempel halalnya.

  124. Seasia Publisentra mengatakan:

    Seru banget ...

  125. Adin Umar mengatakan:

    eh sekarang kok luwak white coffe jadi beda komposisi nya

  126. widodo budiarto mengatakan:

    seharusnya kode untuk setiap komposisi jangan ada yang sama biar tidak membingungkan masyarakat.

  127. Anonim mengatakan:

    Yang haram itu nikmat di dunia buktinya banyak Sex diluar nikah (didalam nikah juga enak tp bosen hhe..)


  128. Anonim mengatakan:

    Kl ane sih makan minum yg ane yakin 100% pasti halalnya (bikin sendiri or yg bikin nya lansung dilihat sendiri)..kl yg gak jelas ngak deh, takutnya kecampur sedikit yg haram jd berabe di akherat, daging yg tumbuh dr makanan haram bakal dibakar dl pk api jahannam.. Btw di setiap pabrik makanan yg telah mendapat sertifikat halal MUI, orng MUInya ada yng nongkrongin setiap hari di sana gak ya ?!

  129. aulia phone mengatakan:

    haaaah,dri pda mkrin luwak white koffi halal ap haram,mending mikrin pacaran itu halal apa haram...?

  130. nono mengatakan:

    yg penting MUI udah kasi logo halal. selesai perkara
    haahhahaha

  131. Anonim mengatakan:

    ALLAH SWT lbih tw dri kalian smua,,,,,

  132. Anonim mengatakan:

    Kacau.. memang penduduk indonesia tidak beredukasi. Salah satu produk unggul expor dan devisa negara indonesia adalah kelapa sawit. E471 terbanyak dibuat dari kelapa sawit. lemak babi lebih mahal dari sawit. ngapain produser creamer masukin e471 lemak babi yg lebih mahal ke creamer mereka. kacau.. jika cinta indonesia makanlah produk yg ada e471.. karena 90% itu pasti datangnya dari sawit.

  133. Anonim mengatakan:

    seng penting tombo ngantuk,,,segeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrr

  134. Anonim mengatakan:

    Lucu aja, kopi seribuan pada diributin halal apa haram nya
    Minuman mengandung alkohol yg banyak dijual di supermarket umum yg sudah jelas haram aja masih ada/banyak yg minum
    Kembali ke diri masing2 aja
    Kalau merasa haram ya jgn diminum
    Pembahasan yang ga akan ada habisnya
    Makin banyak opini yg keluar, makin ga habis pembahasan nya

  135. Anonim mengatakan:

    yg goblok itu yg niru white coffe luak.kok bisanya meniru.bikin inovasi sendiri ga bisa.kaya rokok aja ada sampurna mild yg lain pada niru.hobi kok jiplak.ga kreatif.bego itu

  136. Agan atau pemilik blog ini sudah tahukah? pernah mendengar Ustadz matius mantan pendeta dan mantan misionaris? katanya yang menulis cap halal adalah BPOM dan bukan MUI, coba dengarkan audio pembuktiannya dan cari di goole, dia dulunya punya pabrik permen yang diberi minyak babi (galatin dan lesitin) tapi produk dia tidak pernah ketahuan bahwa menggunakan lesitin dan galatin.

  137. Anonim mengatakan:

    Kalau ini meragukan ya di tinggalkan saja. Kalau ini jelas keharamannya ya di tinggal juga. Sikap hati - hati lebih baik. Kalau masalah halal dan haram urusan Alloh. Kalau ada yang ingin mengkonsumsi ya silahkan yang penting semua pihak yang meragukan dengan segala dalilnya sudah memberitahukan. Seperti halnya masalah ibadah, dalil sudah jelas tapi masih di tinggalkan juga. Jadi masalah ini kembali ke masing - masing individu. Para penasehat sudah gugur kewajibannya seandainya ini benar haram. Untuk yang ragu ya cukup di tinggalkan . Bagi yang punya waktu silahkan di cek kebenarannya agar bisa dijadikan acuan. Masalah Label , itu kan wilayah manusia jadi potensi khilaf atau salahnya pasti ada. Dan kemungkinan dipalsukan juga bisa. Jadi artinya segala kemungkinan bisa saja terjadi, yang penting hati - hati

  138. Anonim mengatakan:

    Ini ciri bangsa Endonesa, saling menggoblok-goblokkan (termasuk komentar saya ini he...). Hanya segelintir komentar di atas yang sopan dan berakal.

    Emang kata siapa sih bangsa Endonesa itu bangsa yang Sopan? Ramah? Saling menyayangi? Rukun? Gotong royong?. Inilah penipuan terbesar bangsa ini (boleh dong masuk On the Spot Trans 7).

    Dengan banyaknya melihat komentar-komentar seperti ini di forum, milis, dan social media, maka saya tambah yakin KALAU KITA MEMANG KETURUNAN DARI NENEK MOYANG BARBAR!!!

    NB: Sengaja saya tidak menampilkan identitas karena saya orang yang sangat ganteng. Nanti banyak harem yang kirim surat cinta pula

  139. Anonim mengatakan:

    yaaaaaaaahhhh halal haram sudah pudar warnanya........
    pdhal sdh jelas rosulullah mengatakan bahwa jika kita ragu maka tinggalkan.

    trus apa lagi ya?

    o ya mengenai barang/ makanan yg diduga haram/memang haram tapi ada label halal nya ( entah mui kecolongan/ dipalsukan
    org ), secara hukum, kita terbebas darinya, tapi apa kita jg yakin terbebas dari akibat nya buat tubuh kita?

    knp anak2 skrg bandel? susah dinasehati? pembunuhan, tak malu .korupsi, maksiat di mana2, apakah tdk ada hubungannya dgn apa yg mereka makan?

    para sahabat rosul hanya mengatakan kami dengar dan kami taat, tak ada pertanyaan knp ini haram? knp ini halal?

    yaaaaAaaaaah karena keimanan mereka sdh sangat tinggi jd g perlu lg tanya2 knp.
    yakkin yakkin......

    yaaaaaaaaaahhhhhhhhh


  140. Anonim mengatakan:

    Ngeri juga ya kita gatau mana yang halal dan haram . Makanan menentukan doa kita di terima atau engga . Kalau kita gatau makanan yang kita makan halal atau haram jadinya gimana nih

  141. Anonim mengatakan:

    Harusnya indonesia punya pabrik emulsifier sendiri.... biar kodenya I471, (?)

  142. Anonim mengatakan:

    tinggalkan saja agama anda, maka semua yg kamu ingin makan/minum akan menjadi hallal. agama hanya membuat kerancuan pangikutnya. lebih baik belajar sain karena itu lebih bermanfaat dari agama yg penuh tafsir.