Waktu Belajar yang baik dan efektif

Belajar dengan teratur adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan nilai yang baik dalam pelajaran maupun tes di sekolah, Namun walau begitu, bukan berarti kita harus belajar setiap saat. Butuh waktu yang tepat untuk kapan kita belajar, dan kapan kita harus melakukan kegiatan lainya.

Lalu kapankah waktu yang belajar yang baik dan efektif? Berdasarkan tingkat kefektifanya, waktu belajar yang baik dan efektif terbagi menjadi 3, yaitu :

Sepulang Sekolah (sekitar jam 13.00 sampai 15.00)
Belajar pada jam sepulang sekolah dimaksudkan untuk mempermudah masuknya ilmu pelajaran yang baru disampaikan saat sekolah. Karena begitu pulang sekolah, pelajaran yang diterangkan oleh Guru masih berada dalam ingatan yang cukup kuat.

Sore hari sekitar jam 18.30 sampai jam 21.00
Waktu di rentang jam ini sering disebut sebagai jam belajar masyarakat. Waktu ini sangat cocok digunakan untuk belajar atau meengerjakan tugas sekolah.

Pagi Buta sebelum berangkat sekolah (04.30 sampai 06.00)
Pada pagi hari buta seperti ini, pikiran kita masih segar dan fresh, sehingga kita bisa mempelajari dan menghafal materi dengan baik. Gunakan juga waktu ini untuk memeriksa buku serta mengecek PR yang diberikan oleh Guru.



Rabu, 24 Agustus 2011