Mengenal logat bahasa Jawa orang Suriname

Selama ini, kita tahu bahwa Suriname adalah negara yang mempunyai penduduk suku jawa yang lumayan banyak (Ingat pelajaran sejarah dimana pada masa penjajahan belanda, banyak orang-orang dari jawa yang diculik dan dipaksa bekerja di Suriname menjadi kuli atau pekerja kasar, Saat itu Suriname juga merupakan salah satu wilayah kekuasaan kerajaan Belanda). Lalu Pertanyaanya adalah? Apakah orang-orang di suriname berbicara menggunakan bahasa jawa? Jawabanya adalah Ya, Di Suriname, Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat, terutama masyarakat jawa di Suriname (Selain bahasa Jawa, masih ada bahasa India, Belanda, Britis, dan juga Mandarin)

Dan ternyata memang logat bahasa orang-orang keturunan jawa di Suriname hampir sama persis dengan yang digunakan oleh orang jawa asli, hanya saja ada beberapa kosakata yang digantikan atau diselipi dengan bahasa Belanda, selain itu, pengucapanya pun terdengar sedikit ke-britis-britisan.

Bahasa Jawa yang digunakan oleh kebanyakan keturunan jawa di Suriname adalah bahasa Jawa Ngoko alias bahasa jawa kasar, hanya ada beberapa warga keturunan jawa yang menguasai bahasa jawa kromo. Hal ini dikarenakan karena sabagian besar warga jawa di Suriname adalah penduduk pribumi (Yang menguasai bahasa Jawa Kromo pada jaman dulu sebagian besar adalah penduduk Priyayi atau bangsawan kraton).

Oh ya, kalo anda penasaran dengan bagaimana logat bahasa Jawa orang Suriname, anda bisa mendengarkan streaming radio suriname bahasa Indonesia dari Radio Garuda Suriname NV, Silahkan Klik Disini untuk mendengarkan streamingnya, Dan coba bandingkan sendiri bahasa Jawa Suriname dengn bahasa jawa asli



Jumat, 26 Agustus 2011