Ganjar-Heru dan Tagline Kampanye Pilgub Jateng

Anda warga Jawa tengah, tentu masih ingat dengan tagline "Bali Ndeso Mbangun Ndeso" (Pulang Kampung Membangun Kampung) yang diusung Pasangan Cagub-Cawagub Bibit Waluyo dan Rustriningsih dalam kampanye pilihan Gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013? Jika iya, mungkin itulah salah satu senjata utama pasangan Bibit-Rustri dalam memenangkan pemilihan umum Gubernur dan wakil Gubernur Jawa tengah 2008 lalu. Secara psikologis, saya memandang bahwa Jawa tengah sebagai salah satu basis terbesar suku jawa tentu butuh Kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur yang mengusung tagline berbau jawa, dan saya rasa, Bibit-Rustri benar-benar mampu mengejawantahkan konsep tagline jawa ini dalam pemilihan umum, entah ada pengaruhnya atau tidak, tapi tagline "Bali Ndeso Mbangun Ndeso" begitu memikat rakyat Jawa tengah saat itu, dan terbukti, Pasangan yang diusung oleh partai PDI Perjuangan ini mampu terpilih sebagai Gubernur dan wakil Gubernur jawa tengah periode 2008-2013.

Kini nampaknya, konsep tagline berbau jawa kembali diterapkan oleh PDI Perjuangan dalam Persaingan Kampanye Cagub-Cawagub tahun ini, tentu bukan untuk pasangan Bibit Waluyo -Sudijono Sastroatmodjo. Karena seperti yang telah kita ketahui, Bibit Waluyo sendiri kini sudah menyeberang ke Partai demokrat. Tagline Jawa kini tersemat pada pasangan Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko. Pasangan Cagub-Cawagub Jateng yang diusung oleh PDI Perjuangan ini kini menggunakan tagline "Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi" (tidak korupsi, tidak berbohong). Tagline yang sangat njawani dan seakan mampu mewakili perasaan dan kegundahan hati rakyat yang kini sudah sangat muak dengan korupsi.

Dari tiga pasangan Cagub-Cawagub yang akan bertarung pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng tahun 2013, hanya pasangan Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko yang mengusung tagline berbahasa jawa. Pasangan Hadi Prabowo - Don Murdono sebagai kuda hitam mengusung tagline "Lebih Baik", sedangkan pasangan Bibit Waluyo - Sudijono Sastroatmodjo malah menggunakan tagline singkat, "Bissa", yang merupakan akronim dari nama keduanya.

Dan bicara Tagline, jujur saya akui, Pasangan Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko merupakan pasangan yang paling kreatif. Selain mengusung tagline pasangan, Ganjar Pranowo juga punya tagline personal, yaitu "Rockin Governor for Jateng Democracy" (mengacu pada sosok Ganjar yang memang sudah dikenal sebagai pecinta musik Rock). Tagline personal ini menjadi populer saat digunakan pertama kalinya dalam kampanye di Semarang. Selain tagline pasangan dan tagline personal, Tagline partai juga ikut berkumandang: "Ngantek pendeng ngantek gepeng tetep banteng" (sampai hancur sampai gepeng tetap banteng).

Dengan berbagai tagline yang menarik dan kreatif ini, ditambah dengan animo masyarakat yang kini sedang banyak memihak PDI Perjuangan sebagai partai oposisi (setelah elektabilitas partai Demokrat turun drastis pasca kasus-kasus korupsi yang melanda internal partai demokrat beberapa waktu yang lalu), rasanya kemungkinan besar pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa tengah ini akan dimenangkan oleh pasangan Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko (ini hanya analisis saya lho!)

Yah, biarlah pilihan besok minggu yang menentukan.

Oh ya, Bapak saya besok ikut jadi Hansip di pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur lho! *Ra Penting Ndes! njuk aku kudu ngomong Wow, ngono po ju?



Selasa, 21 Mei 2013

One response to Ganjar-Heru dan Tagline Kampanye Pilgub Jateng

  1. Sang Nanang mengatakan:

    memilih tetap untuk tidak memilih....gak diongkosi mudik!